Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Sih Manfaat Minum Teh?

iHello there..
Dibaca dari judulnya, udah ngga asing lagi kan buat kita semua?
Siapa sih yang ngga pernah minum teh. Dari anak kecil sampai orang tua sekalipun pasti pernah (atau bahkan doyan) minum teh. Baik yang suka manis, maupun yang tawar.Tapi taukah kalian bahwa ternyata selain enak, minum teh ini ada manfaatnya juga loh buat tubuh kita.Pingin tau apa saja manfaatnya? Yuk kita bahas..

Sebelum kita tau apa saja manfaat dari teh itu sendiri, ada baiknya jika kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam teh.

1. Kafein
Kandungan kafein dalam teh berasal dari daun teh itu sendiri. Kafein merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Tentu saja, kandungan kafein pada daun teh jumlahnya lebih sedikit dibandingkan pada kopi.

2. Polifenol
Polifenol merupakan kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan, yang memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

3. Essential oil
Protein yang terdapat dalam essential oil ini memiliki peran dalam pembentukan aroma pada teh

Lantas, apa manfaat minum teh?

1. Bisa melarutkan lemak dan menurunkan berat badan
Ternyata kandungan essential oil yang ada pada teh dapat memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.
Sebuah studi mengatakan bahwa ekstrak teh hijau dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh. Namun perlu diingat juga, minum teh yang baik adalah dengan tidak menambahkan gula banyak. Dan akan lebih bagus lagi jika anda mengkonsumsi teh hijau.

2. Menekan resiko penyakit jantung dan stroke
Kandungan polifenol pada teh, yang mengandung antioksidan bagi tubuh, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah. Lagi-lagi perlu saya ingatkan bahwa minum teh yang baik dengan tidak menggunakan banyak gula. Dengan minum teh ini, zat kimia ini membantu menjaga arteri anda agar bebas dari sumbatan.

3. Menghilangkan kantuk
Seperti yang telah saya sebut diatas, bahwa teh mengandung kafein. Walaupun secara jumlah kandungan kafein pada teh lebih sedikit daripada kopi, teh juga mampu mengurangi rasa kantuk. Pada beberapa orang, mengkonsumsi teh malam hari dapat membuat sulit tidur.

4. Meningkatkan mood
Saya rasa anda pasti setuju dengan efek minum teh yang satu ini.
Lihat saja pada salah satu iklan teh yang ada di televisi anda akhir-akhir ini.
Mengkonsumsi teh dapat mengurangi kadar hormon stres, sehingga membuat anda menjadi lebih rileks.

Itulah beberapa manfaat minum teh yang penting untuk kita ketahui :)

Posting Komentar untuk "Apa Sih Manfaat Minum Teh?"